Kliping Pekan Ini

>> Sabtu, 19 Desember 2009

Swara Timor Repot Menghadapi KPID

Radio Swara Timor di Kupang merasa dipersulit oleh KPID Komisi Penyiaran Indipenden Daerah. Lembaga ini terkesan mencari-cari kesalahan.

Komisi Penyiaran Indipenden Daerah, KPID adalah sebuah lembaga pengayom masyarakat dan media di daerah. Namun tidak semua pejabat KPID memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dampaknya bisa mempersulit kinerja radio. Hal itu dialami Radio Swara Timor di Kupang. “KPID terkesan mencari-cari kesalahan,” kata Jefvertson Lolang, program director Radio Swara Timor.

Yogya Beda
Ia mengalami sendiri sulitnya menjadi pengusaha media lokal di NTT dan Kupang khususnya untuk mendapatkan ijin stasion radio. Pengalaman di Kupang ini sebenarnya bertolak belakang dengan yang dialaminya selama 9 tahun berkecimpung di dunia penyiaran radio di Yogyakarta. KPID di Yogyakarta dirasakannya cukup akomodatif. “Apalagi dengan radio-radio yang sudah eksis sebelum munculnya KPI.”

KPID di Kupang, berbeda dengan di Yogjakarta. Walaupun Radio Swara Timor sudah berdiri sebelum KPID ada, tetap mengalami masalah dengan lembaga indipenden ini. Swara Timor mengajukan permohonan perijinan sejak tahun 2003. “Setelah muncul KPI dan diatur dalam Undang-undang, akhirnya proses perijinan itu digantung dari tahun 2005 sampai akhir 2009,” kata Lolang.

Mengada-ada
Sejak terjadi pergantian pengurus di KPID, berlaku aturan ketat yang imbasnya terasa pada media di Kupang. Walaupun Swara Timor mengikuti aturan baru, KIPD lewat suratnya mempertanyakan materi dan meminta klarifikasi tentang sebuah siaran Swara Timor.

Beberapa kali upaya mengklarifikasi baik secara lisan maupun tulisan, tidak juga meyakinkan pihak KPID. “Padahal kami termasuk yang paling lengkap soal persayarat dan pengarsipan di Kupang ini.” Tegas Jefvertson Lolang.

“Kesalahan-kesalahan yang disebutkan KIPD, tidak masuk akal. Karena hal itu tidak ada dalam siaran kami. Dalam semua arsip dan rekaman yang dimaksud tapi kami tidak menemukan hal-hal yang mereka maksudkan. Dan mereka juga tidak bisa membuktikan.”
kata pria yang juga aktif di Facebook ini.

Melihat kejanggalan kasus ini, pihak Swara Timor mulai menangkap kesan Komisi Penyiaran mengada-ada.

Sebab Lain
Lolang menduga, ada pihak lain yang mempengaruhi KPID untuk mempersulit Swara Timor. Sebab ada 19 radio di NTT dan sebagian besar satu kota dengan Swara Timor. “Ada semacam persaingan tidak dewasa yang dilakukan teman-teman radio yang tidak hanya bersaing dalam bentuk siaran atau acara, tetapi mereka juga melakukan persaingan secara personal antar sesama pelaku radio.”

Ada indikasi mencari pendekatan dengan KPI. “Tampaknya siapa yang lebih ‘dekat dan kuat lobinya’ dengan KPI akan menjadi anak emasnya KPI. Dia akan lebih diuntungkan.”

Berdasarkan pengalaman ini Lolang mulai meragukan kompetensi beberapa anggota KPI yang tidak memenuhi syarat Undang-Undang 32 tentang penyiaran pasal 8 ayat 3 dan pasal 10 ayat 1.
“kenyataannnya yang duduk sebagai anggota KPID NTT tidak memiliki kompetensi di bidang penyiaran karena mereka sendiri belum pernah terlibat dalam suatu lembaga penyiaran,” kata Lolang.

=========================

Datangnya Era Baru Pemakaian Smart Phone

Pagi hari bagi pengguna Smart Phone

Pengguna Smart Phone, telepon pintar bangun pada pukul 6 pagi, setelah mendengar bunyi lonceng, nada untuk membangunkan. kemudian menegaskan ramalan cuaca, jadwal pekerjaan harian dan warta berita semalam, semuanya dengan menggunakan Smart Phone. Kemudian, dengan akses Smartphone, pengguna dapat memilih warna baju dan dasi yang cocok untuk hari itu sesuai dengan trend akhir-akhir ini. Dalam perjalanan menuju kantor, pengguna dapat membaca audiobook dan e-mail melalui Smart Phone. Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Smart Phone atau telepon pintar.

Komputer genggam, Smart Phone

Sejak dikembangkannya DynaTac 800 x, telepon seluler pertama di seluruh dunia oleh Motorola pada tahun 1984 lalu, teknologi telepon seluler terus dikembangkan untuk disesualikan dengan kehidupan sehari-hari umat manusia. Misalnya, teknologi penerapan kamera, MP3, kartu kredit, dan fungsi televisi pada telepon seluler, meningkatkan arti telepon seluler dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, datangnya era Smart Phone berhasil memecahkan dinding antara telepon seluler dengan komputer. Smart Phone dapat dikatakan sebagai komputer genggam yang menggabungkan fungsi ponsel dengan berbagai fungsi komputer antara lain, kamus elektronik, pengontrolan jadwal pekerjaan, daftar alamat, kamera digital, MP3 Player, buku elektronik, dan fungsi video. Smart Phone juga dipasang fungsi tambahan, termasuk jaringan internet tanpa kabel, GPS, dan peta yang dapat membantu pencarian lokasi yang dituju dengan mudah. Kapan Smart Phone mulai dikomersialisasikan?

Asal usul Smart Phone

Sekitar 10 tahun yang lalu, perusahaan Palm, manufaktur PDA Amerika Serikat berhasil memproduksi module telekomunikasi PDA yang dipasangi sistem operasi. Dengan kata lain, keberhasilan tersebut berarti bahwa jaringan internet pindah dari sistem komputer ke sistem telepon seluler. Sejak itu, sejumlah besar pengguna seluler phone menaruh perhatian khusus pada PDA, komputer mini, tetapi pada waktu itu Smart Phone masih menghadapi berbagai kendala untuk memasuki era komersialisasi. PDA perusahaan Palm Amerika Serikat tersebut masih relatif besar untuk digunakan dengan satu tangan dan cara aksesnya juga masih rumit. Pada tahun 2002 lalu, perusahaan RIM Kanada berhasil mengembangkan blackberry, salah satu Smart phone yang cocok dengan selera pengguna ponsel. Ditambah lagi, iPhone, produk perusahaan Apple Amerika Serikat berhasil membuka era komersialisasi Smart Phone di dunia.

iPhone, revolusi Smart Phone

Keunggulan iPhone adalah desain unik, layar sentuh, kecepatan akses tinggi, dan App.store. iPhone dapat mengakses sekitar 100 ribu buah kontent termasuk warta berita, peta, permainan, selain fungsi yang telah dipasang. Sesuai dengan isi kontents, Smart Phone dapat diubah fungsinya, sebagai PMP, alat permainan, atau audio book tanpa batas apapun. Pasar Smart Phone kini terus berkembang pesat di dunia internasional khususnya negara-negara maju. Kini Smart Phone berhasil menjangkau pangsa pasar 15 persen di pasar telepon seluler internasional dan angka itu akann menjadi 17 persen pada tahun 2010 mendatang. Masyarakat Korea Selatan akhir-akhir ini juga mulai menggunakan Smart Phone.

iPhonb dan Omnia

Pada tanggal 28 Nopember, iPhone, produk perusahaan Apple Amerika Serikat untuk pertama kali, tampil di pasar dalam negeri Korea Selatan. Hal ini dapat terjadi karena pemerintah Korea Selatan pada bulan April lalu mencabut kewajiban penggunaan sistem mobile produksi Korea Selatan pada produksi telepon seluler. Dengan kata lain, berbagai jenis Smart Phone produksi asing, kini terus mencoba pasar dalam negeri Korea Selatan. Menanggapi serangan Smart Phone buatan asing, perusahaan-perusahaan elektronik Korea Selatan, termasuk Samsung dan LG kini berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan Smart Phone baru termasuk Omnia Samsung agar memperoleh kemenangan dalam persaingan di pasar dalam negeri Korea. Melalui persaingan sengit itu, Smart Phone akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari umat manusia di atas bumi ini.

===============================

Nokia Internet Radio

Anda dapat mendengarkan berbagai program dari KBS World Radio lewat telepon genggam NOKIA. Jika Applikasi “Nokia Internet Radio” telah dipasang di telepon genggam anda, anda dapat menemukan KBS World Radio lewat pencarian yang mudah. Namun dapat digunakan setelah dihubungkan dengan Internet lewat WiFi(internet tanpa kabel) atau 3G dll..

Anda dapat mendengarkan saluran Program atau musik dari KBS World Radio dimana saja yang memiliki jaringan internet. Saluran Program menyediakan berbagai Program dan Berita dalam 11 bahasa, dan saluran Musik menyediakan lagu pop Korea yang paling populer saat ini.

========================

Indonesia Larang Perusahaan Telekomunikasi Berhubungan dengan Zionis

Departemen Komunikasi dan Informatika Indonesia melarang perusahaan telekomunikasi negara ini menjalin segala bentuk kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi Rezim Zionis Israel. Kepala Humas dan Pusat Informasi Depkominfo Gatot S. Dewa Broto hari ini (Selasa, 15/12) mengatakan, masalah pelarangan itu diatur dalam Pasal 21 UU No 36/99. Dikatakannya, “Dalam pasal itu secara tegas dikatakan penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan gangguan ketertiban umum, melanggar kesusilaan, dan menggangu keamanan. Menggunakan produk dari negara yang tidak ada hubungan diplomatik itu kan berpotensi menganggu keamanan.”

Gatot memperingatkan bahwa sanksi dari melanggar pasal tersebut adalah pencabutan izin bagi penyelenggara. Di bagian lain statemennya, Juru bicara Departemen Komunikasi dan Informatika, menekankan bahwa segala bentuk kerjasama antara perusahaan telekomunikasi Indonesia dengan rezim Zionis maupun keberadaan perusahaan telekomunikasi Israel di Indonesia akan mengancam keamanan negara ini dan pemerintah Indonesia akan bertindak keras.

Saat menjawab pertanyaan mengenai keberadaan sebuah perusahaan telekomunikasi Israel dalam proyek pembangunan jaringan wimax di negara ini, Gatot menuturkan, segala bentuk kerjasama antara perusahaan telekomunikasi Indonesia dan rezim Zionis melanggar pasal 21 undang-undang telekomunikasi Indonesia, dan Departemen Telekomunikasi dan Informatika akan menindaknya.

Sebelumnya beredar kabar salah satu manufaktur lokal yang mengajukan Type Approval (TA) untuk perangkat wimax di frekuensi 3,3 GHz yakni PT Abhimata Cipta Abadi menggandeng perusahaan asal Israel, Alvarion, untuk sharing teknologi.

====================

Tiongkok Blokir 300 Ribu Lebih Situs Web Porno Asing

CRI, Wakil Direktur Asosiasi Internet Tiongkok, Huang Chengqing hari ini (15/12) memperkenalkan, sejak tahun 2003, Tiongkok telah memblokir 300 ribu lebih situs web porno dari luar negeri.

Dalam rapat bertema ‘dengan tegas menolak pornografi situs web’ yang diorganisasi Asosiasi Internet Tiongkok hari ini, Huang Chengqing menyatakan, bahwa meski internet tidak mempunyai perbatasan negeri, namun setiap negara mempunyai ciri khas budaya sendiri. Kini, sebagian situs web luar negeri berulang kali menyampaikan informasi porno melalui video, gambar dan tulisan terhadap Tiongkok, dan berusaha menghindari diri dari pemeriksaan dan hukuman melalui pengubahan alamat IP. Untuk itu, Tiongkok telah menyediakan dana dalam jumlah besar demi memblokirnya.

===========================

Wartawan Paling Banyak Terbunuh di 2009

Tahun ini, jumlah wartawan yang terbunuh di seluruh dunia mencapai angka tertinggi. 68 orang wartawan tewas. Berarti mengalahkan rekor tahun 2007, dengan korban 67 orang.
Laporan ini diterbitkan organisasi wartawan Committee to Protect Journalists (CPJ.
Kebanyakan korban adalah wartawan lokal yang mewartakan kejadian-kejadian di daerah. Terutama pembantaian di Filipina Selatan, menambah tinggi angka kematian wartawan tahun ini. November lalu klan Ampatuan di Filipina selatan membantai dua puluhan orang lawan politik dan 31 para wartawan peliput.
Selain itu sembilan wartawan di Somalia dan empat di Irak terbunuh. Tahun ini korban wartawan di Irak terrendah sejak invasi Amerika tahun 2003.

=============================

Pelajaran Bahasa Jepang – Kursus Tingkat Menengah
Uji Kemampuan Anda Dalam Berbahasa Jepang

Ini adalah situs Pelajaran Bahasa Jepang tingkat menengah. Disini anda bisa mempelajari kembali ungkapan-ungkapan penting yang diudarakan dalam serial Belajar Berbahasa Jepang, “Jepang Sayangku.” Disini anda juga bisa menguji kemampuan mendengarkan dalam Bahasa Jepang.
Kami akan mengambil sejumlah ungkapan dari pelajaran-pelajaran yang lalu. Ungkapan itu adalah yang sering dipergunakan, atau yang sedikit lebih sulit atau yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi. Namun kali ini semuanya dijelaskan dalam Bahasa Jepang. Semuanya disampaikan secara pelan dengan teks yang menggunakan karakter hiragana dan katakana.
Mengapa anda tidak mencoba menguji kemampuan Berbahasa Jepang anda melalui program “Dengar dan Pahami”?
Sampaikan tanggapan anda. Radio Jepang mengundang tanggapan dan gagasan anda mengenai program Belajar Bahasa Jepang kami, termasuk juga pertanyaan mengenai masalah atau pertanyaan dalam mempelajari Bahasa Jepang. Kami menantikan komentar anda. Silahkan klik disini untuk mengirimkan surat kepada kami.

Pilih bagian yang ingin anda akses dan klik pada bagian layar. Kontennya akan segera muncul.
Anda mungkin akan kesulitan melihatnya, tergantung pada setelan perangkat lunak dan perangkat keras komputer anda serta kondisi jaringan internet anda.

Bagian 1

“DOMO – ARIGATO – GOZAIMASU.” Dan “DOZO – YOROSHIKU”

Pelajaran ini akan mengulas ungkapan salam dan ucapan terimakasih.
Tokoh utamanya adalah Leo. Leo selama ini mempelajari seni beladiri Jepang Aikido dan ingin sekali berlatih di Jepang, negara asal Aikido. Untuk itu ia giat belajar Bahasa Jepang. Mimpinya pun terwujud dan ia datang ke Jepang untuk belajar aikido. Ia tiba di Bandara Narita – pintu gerbang ke ibukota Tokyo, dimana ia berbincang dengan seorang wanita Jepang yang memberitahukan bahwa paspor Leo terjatuh.
Perhatikan halaman-halaman berikut ini yang terkait dengan pelajaran tersebut

Pelajaran 2

Pelajaran 3

Bagian 2
“RENRAKUSAKI – WO OSHIETE – KUREMASEN – KA?”, “ONEGAI SHIMASU” dan “SORE – JA, MATA”

Pelajaran ini akan mengulas ungkapan-ungkapan untuk meminta sesuatu dan mengucapkan selamat tinggal.

Tokoh utamanya adalah Leo, yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang. Di bandara ia bertemu dengan seorang wanita Jepang bernama Mika. Merekapun naik bis limousine bandara menuju ke Tokyo. Mereka berbicara tentang tempat asal masing-masing. Bis tersebut tiba di Shinjuku dan mereka saling menyampaikan selamat tinggal. Leo ingin tetap bisa berhubungan dengan Mika. Iapun bertanya bagaimana cara menghubunginya. Mika dengan senang hati menyanggupi.

Perhatikan halaman-halaman berikut ini yang terkait dengan pelajaran tersebut

Pelajaran 7

Pelajaran 8

Pelajaran 9

Bagian 3
“OHAYO – GOZAIMASU.” “ITADAKI-MASU” dan “TOTTEMO OISE – DESU”

Pelajaran ini mengulas soal ungkapan yang digunakan saat makan.

Leo, tokoh utama yang datang ke Jepang untuk belajar Aikido akan tinggal di rumah pelatih aikidonya, Masaki. Kehidupannya di Jepang pun dimulai. Berikut adegan saat sarapan dengan keluarga tempatnya tinggal.

Perhatikan halaman-halaman berikut ini yang terkait dengan pelajaran tersebut

Pelajaran 17

Palajaran 18

Pelajaran 19

Bagian 4
“AIKIDO – WO BENKYO – SURU TAME NI KIMASHITA” dan “KEKO – NI IKI – MASHO”

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP