Sayembara Berhadiah Wisata Ke Tiongkok 2010

>> Kamis, 25 Februari 2010

Sayembara Expo Shanghai 2010

Ekspo Dunia Shanghai akan berlangsung dari tanggal 1 Mei sampai 31 Oktober mendatang. Agar masyarakat di luar negeri dapat mengetahui tema, paviliun, acara kegiatan dan informasi lain tentang Ekspo Shanghai melalui bahasa ibunya sendiri, CRI akan menyiarkan rangkaian laporan Sayembara Pengetahuan Global Tentang Ekspo Shanghai melalui radio dan internet dari tanggal 20 Februari sampai 1 Agustus tahun 2010, dan menjadikannya sebagai tema sayembara pengetahuan. Para pendengar dan pengakses situs internet kami diharapkan dapat ikut ambil bagian.
Pada akhir artikel terkait yang disiarkan, ada dua pertanyaan yang perlu dijawab bagi peserta sayembara. Panitia juri kami akan menilai jawaban para peserta dan memilih pemenang-pemenang hadiah istimewa, serta hadiah-hadia pertama, kedua dan ketiga. Mereka yang beruntung memperoleh hadiah istimewa akan diundang untuk melakukan kunjungan ke Tiongkok secara gratis.
---------------------------------------- 
Tentang Ekspo Dunia Shanghai Artikel Pertama
Saudara pendengar, saya Haibao, maskot Ekspo Dunia Shanghai. Sehubungan dengan akan dibukanya Ekspo Shanghai tanggal 1 Mei mendatang, CRI menyelenggarakan sayembara pengetahuan global tentang Ekspo Shanghai untuk memperkenalkan ekspo tersebut. Bagi pendengar yang beruntung menjawab pertanyaan Haibao secara tepat, akan mendapat kesempatan untuk mengunjungi ekspo itu dan bertemu muka dengan Haibao.
Pertama-tama saya akan memperkenalkan diri. Saya adalah anak warna biru dengan mata bulat dan selalu menyungging senyum. Saya terpilih dari karya-karya calon sebanyak lebih 20.000 dari berbagai tempat seluruh dunia. Nama saya Haibao, "hai" berarti "laut", sedang "bao" adalah "sesuatu yang sangat disayangi". Banyak warga Tiongkok memberi nama "bao" bagi anaknya. Sedang saya yang lahir di laut adalah buah hati semua negara, organisasi dan tokoh internasional yang menaruh perhatian, mendukung dan ambil bagian dalam Ekspo Shanghai. Maka, nama Haibao paling sesuai bagi saya. Dalam acara saat ini, saya akan membawa Anda mengunjungi Taman Ekspo Shanghai.
Pertama-tama kita akan mengunjungi Poros Ekspo Dunia, Paviliun Tiongkok, Pusat Pertunjukan kesenian, Pusat Ekspo dan Paviliun Tema. Poros ekspo adalah pintu masuk utama ekspo, juga garis poros lanskap ruang, arus manusia dan lalu lintas Taman Ekspo, yang bersambung dengan Paviliun Tiongkok, Pusat Pertunjukan Kesenian, Pusat Ekspo dan Paviliun Tema. Bangunan berbentuk layar kapal yang mengembang itu seolah menyambut kedatangan para tamu. Paviliun Tiongkok yang berwarna merah adalah tempat untuk melihat dari dekat kebudayaan Tiongkok. Pusat Pertunjukan Kesenian sebagai bangunan yang kental bernuansa seni terletak di tepi Sungai Huangpu, tampak seperti kulit kerang yang berkilau di malam hari. Berbagai pertunjukan dan kegiatan penting selama ekspo berlangsung akan diselenggarakan di sini.
Tema Ekspo Shanghai 2010 adalah "Kota, Agar Kehidupan Menjadi Lebih Indah". Untuk menjabarkan tema itu, diadakan Paviliun Tema untuk membahas hubungan antara kota dengan manusia, kehidupan, planet dan masa depan. Pusat Ekspo adalah tempat untuk menyelenggarakan berbagai pertemuan dan jumpa pers, juga berfungsi untuk mengadakan jamuan dan menyambut tamu.
Dalam Ekspo Shanghai terdapat paviliun negara-negara yang sangat menarik. Misalnya, pada bagian luar Paviliun Inggris, terdapat banyak sungut yang dilengkapi sumber cahaya dan bisa melambai-lambai ditiup angin serta memperlihatkan berbagai warna dan gambar. Paviliun Spanyol memiliki tembok luar yang terbuat dari anyaman rotan, tampak seperti gaun flamingo; Paviliun Jepang berbentuk seperti seekor ulat sutera warna ungu; Paviliun Uni Emirat Arab tampak bagai bukit pasir alami warna warni; dan Paviliun Singapura tak ubahnya seperti kotak musik yang mungin dan tembus cahaya.......Paviliun-paviliun semua negara tak terkecuali mendemonstrasikan budaya dan ciri daerahnya yang unik. Mengenai isi yang dipamerkan, Paviliun Perancis akan memamerkan karya-karya seni Van Gogh, Auguste Rodin dan maestro lainnya; dalam Paviliun Denmark, patung gadis ikan duyung untuk pertama kali dipamerkan di luar negeri; Paviliun Italia akan memperagakan cara hidupnya yang khas dengan hidangan berbagai makanan istimewa; sedang Paviliun Brasil akan mendemonstrasikan pesona sepak bola dan kegairahan Tari Samba.......
Ekspo Shanghai merupakan pula ajang pameran inovasi ilmu dan teknologi. Banyak peserta ekspo akan menghadirkan hasil-hasil terbaru ilmu dan teknologinya. Selain itu, ekspo karbon rendah juga merupakan tujuan penting ekspo kali ini. Sehubungan dengan itu, bangunan-bangunan di Taman Ekspo melakukan pengendalian di bidang konsumsi energi dan air serta menggunakan energi solar dan bahan baku terbarukan. Selama ekspo berlangsung, akan terdapat lebih 1.000 unit mobil energi baru beroperasi sebagai percontohan, di antaranya, mobil-mobil yang beroperasi di Taman Ekspo akan merealisasi nol emisi karbon.
Selain peragaan inovasi ilmu dan teknologi, Ekspo Shanghai akan menyuguhkan pula pertunjukan seni dan budaya yang beragam dan menarik. 20.000 pertunjukan akan digelar dalam 84 hari selama ekspo berlangsung, antara lain pertunjukan Ansambel Balet Nasional Inggris, Rombongan Simfoni Philadelphia dan rombongan kesenian terkenal lainnya. Selain itu, terdapat pula pertunjukan khas berbagai negara di dunia, seperti tari Samba Brasil, gendang Burundi, dan seruling Kepulauan Solomon.
Sebelum artikel ini ditutup, ada dua pertanyaan yang perlu dijawab pendengar. Pertanyaan pertama, apa nama maskot Ekspo Shanghai? Dan pertanyaan kedua, tunjukkan nama dua bangunan dari "satu poros dan empat paviliun" ekspo tersebut.
( jawaban: 1. Haibao. 2. Poros Ekspo, Paviliun Tiongkok, Pusat Pertunjukan Kesenian, Pusat Ekspo, dan Paviliun Tema. Cukup menunjukkan nama dua dari lima bangunan itu.)
-----------------------------------
Tentang Ekspo Dunia Shanghai Artikel Ke-2
\" Maskot 'Haibao' Mengajak Anda Mengunjungi Paviliun Tiongkok."
Sdr pendengar. Saya maskot Ekspo Dunia Shanghai, bernama 'Haibao'. Ekspo Dunia Shanghai dibuka pada tanggal 1 Mei mendatang, selama periode ini, 'Haibao' menyambut kedatangan sahabat-sahabat dari seluruh pelosok dunia. Dalam acara ini, 'Haibao' akan membawa Anda mengunjungi paviliun tuan rumah di taman Ekspo, yaitu Paviliun Tiongkok. Seperti biasa, kami akan mengajukan pertanyaan untuk dijawab pada akhir artikel, sedangkan jawabannya tercantum dalam perkenalan kali ini.
Paviliun Tiongkok berlokasi di kompleks inti taman Ekspo Dunia Shanghai dan terdiri dari tiga bagian, yaitu paviliun-paviliun Negara, Daerah serta Hong Kong, Makau dan Taiwan. Paviliun Tiongkok dijuluki sebagai kartu nama negara dan merupakan jembatan bagi umum mengenal dengan dekat kebudayaan Tiongkok, menghayati pemikiran orang Tiongkok serta pandangan nilai Tiongkok kontemporer.
Luas pameran Paviliun Negara adalah terbesar dalam seluruh taman ekspo, luas top-level-nya saja mencapai dua setengah lapangan sepakbola. Seluruh bangunan Paviliun Negara dipadati dengan kental unsur Tiongkok, warna vertikal bagian luar adalah 'China Red', gaya bangunan kaya dengan unsur budaya dalam arsitektur Tiongkok yang berbentuk 'bucket-type crown' dan mengutarakan semangat dan sifat kebudayaan Tiongkok.
Paviliun Daerah terdiri dari berbagai stand provinsi dan daerah otonom di Tiongkok, perancangannya juga kaya pesona Tiongkok dan meminjam banyak unsur tradisional Tiongkok kuno. Di bagian luar vertikal peribolos Paviliun Daerah, terukir 34 huruf cap karakter Tionghoa tentang nama dinasti-dinasti tradisional Tiongkok yang melambangkan kebudayaan bangsa Tionghoa yang bersejarah lama. Semua provinsi dan daerah otonom Tiongkok ambil bagian dalam pameran Ekspo, setelah mengelilingi seluruh paviliun, Anda dapat mengenal garis besar keadaan dan adat istiadat berbagai daerah Tiongkok.
Selanjutnya, 'Haibao' akan mengajak Anda mengunjungi paviliun-paviliun Hong Kong, Makau dan Taiwan.
Paviliun Hong Kong terutama mencakup 6 ciri dan unsur mengenai Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, yaitu lokasi geografis yang unik, infrastruktur yang sempurna, hubungan erat antara Hong Kong dengan dunia dan kota-kota pedalaman Tiongkok; jaringan perhubungan daerah administrasi tersebut yang sangat luas dan dapat menembus segala arah serta efisiensi tinggi pelayanan transportasi; sarana teknologi informasi dan komunikasi yang maju dan jalurnya yang tak terputus; peredaran bebas dana, komoditi dan informasi; pemusatan kebudayaan Tiongkok dan Barat yang majemuk dan toleran, kaya kreativitas serta perkembangan berkelanjutan kehidupan kota bermutu tinggi.
Bentuk Paviliun Makau berupa 'Yu Tu-- legenda kelinci yang hidup di bulan', bagian luar bangunan menggunakan bahan glass film lapis dua, dan terus berganti-ganti warna dan gambarannya. Bagian 'kepala dan buntut Kelinci' berupa balon yang dapat naik dan turun sesuka hati. Selama penyelenggaraan ekspo, setiap pengunjung paviliun Makau akan diberi suvenir 'lampion kecil kelinci'.
Paviliun Taiwan terdiri dari bangunan berupa gunung, sky lantern glass maha besar dan ball screen LED. Menurut arsiteknya, bentuk bangunan luar paviliun mendapat ilham dari Lampu Kongming (ahli strategi terkenal Tiongkok jaman kuno Zhugge Liang). Menyalakan 'sky lantern', mendoakan kebahagian dan menikmati keharmonisan serta menonton film putar dengan 'kota alami dan kota pintar' sebagai garis induknya, ini akan menjadi isi penting yang dipamerkan dalam Paviliun Taiwan.
Sdr pendengar. Sekarang kami ajukan dua pertanyaan untuk dijawab. Pertama, Kapan Ekspo Dunia Shanghai dibuka? Kedua, apakah warna bangunan luar Pavilun Negara?
---------------------------------------------
Tentang Ekspo Dunia Shanghai Artikel Ke-3
Saya adalah Haibao, maskot Ekspo Dunia Shanghai tahun 2010. Dalam acara hari ini, Anda akan saya ajak berjalan-jalan ke Shanghaitan atau Shanghai Bund, pelabuhan tertua yang terletak di tepi Sungai Huangpu.
Shanghai Bund atau The Bund yang lazimnya disebut wisatawan adalah satu daerah yang sempit memanjang seluas 1,5 kilometer persegi di tepi barat Sungai Huang Pu. Di distrik ini terdapat 50 bangunan lebih yang bergaya aneka ragam, antara lain, bangunan Gothic, bangunan Romanesque, bangunan Baroque dan bangunan-bangunan yang bergaya tradisional dan Barat. Dengan keeksotikan itulah, Shanghai Bund sering pula dijuluki sebagai miniatur kota Shanghai.
Sepanjang saya berada di Shanghai Bund, suasana yang paling saya sukai adalah pada waktu petang, ketika itu hari kian gelap, air di Sungai Huangpu berkemilauan emas dengan gemercik riak di bawah matahari yang hampir terbenam di ufuk barat. Suasana itu benar-benar romantis. Pada malam, Distrik Shanghai Bund menjadi terang cemerlang bermandi sinar warna-warni yang menghiasi bangunan-bangunan yang megah dan mencakar langit, antara lain, Menara Televisi Mutiara Timur yang menjadi landmark Shanghai dan Gedung Jinmao sebagai gedung paling tinggi.
Shanghai selalu dikenal sebagai "surga belanja" di Tiongkok. Maka Anda pasti akan sesal apabila tidak melakukan belanja di Shanghai. Sebagai pos kedua, Anda akan kami ajak berbelanja ke Jalan Nanjing, pusat perbelanjaan Kota Shanghai. Jalan ini juga dijuluki sebagai "pusat perbelanjaan nomor wahid" di Tiongkok. Di jalan ini berderet toko-toko mewah yang menjual souvenir, cenderamata dan lain sebagainya dari ujung ke ujung. Jalan Huaihai yang penuh nuansa klasik dan trendi lebih-lebih patut dikunjungi. Di jalan ini tidak hanya terjual barang-barang bermerek yang digemari cowok cewek trendi, juga berderet toko-toko kue dan makanan yang aneka ragam. Toko-toko di kedua sisi jalan yang diselilingi pohon-pohon membentuk pemandangan istimewa dengan taman-taman mini menyediakan tempat istirahat bagi kaum penggemar belanja. Di tepi jalan, Anda juga akan menjumpai banyak patung serta barang pameran dan souvenir yang berlogo maskot "Haibao".
Setelah belanja, Anda pasti lelah. Mari kita istirahat sebentar dan minum kopi di depot-depot makanan dan minuman yang kerap kali dapat kita jumpai. Lapangan Xintiandi atau New World Shanghai yang dekat dengan Jalan Huaihai adalah salah satu tempat wisata yang baru saja memanas pada tahun-tahun belakangan ini. Bangunan-bangunan di lapangan ini semuanya menerapkan gaya arsitektur perumahan Kota Lama Shanghai. Akan tetapi, begitu Anda memasukinya, yang langsung terlihat mencolok mata adalah bar, restoran makanan Barat dan klub golf yang bernuansa khas Barat. Dengan nuansa perbauran kebudayaan Barat dan Tiongkok itulah, tempat ini umumnya dianggap sebagai lambang kebudayaan khas Shanghai.
Walaupun Shanghai merupakan satu metropolitan yang modern, namun di kota ini juga terdapat bangunan-bangunan yang bersejarah lama. Sebagai pos ketiga, mari kita berkunjung ke Taman Yuyuan, salah salah taman klasik bergaya unik Tiongkok selatan di kota Shanghai. Taman Yuyuan yang sudah bersejarah 450 tahun pada semula adalah perumahan milik pribadi. Di taman ini kini tersimpan benda-benda budaya dalam jumlah besar. Kuil Laochenghuangmiao (Old City God's Temple) yang terpisah dengan Taman Yuyuan dengan satu tembok yang sama adalah kuil agama Dao. Katanya, berkunjung ke Shanghai tanpa pergi ke Laochenghuangmiao, sama dengan tak pernah berkunjung ke Shanghai. Dari perkataan ini dapat kita ketahui betapa pentingnya Laochenghuangmiao dalam lubuk hati rakyat Shanghai. Wisatawan yang berkunjung ke sini tak terkecuali terkesan mendalam terhadap bangunan-bangunan kuno yang bergenteng abu-abu. Di Laochenghuangmiao terdapat pula banyak toko dan kedai yang menjual kudapan dan makanan santai khas untuk dicicipi para pengunjung.
Terakhir Anda akan saya ajak berkunjung ke lorong Shanghai, yang merupakan salah satu lambang kota lama Shanghai. Di lorong-lorong yang panjang dan pendek, yang lebar atau sempit, masih tersimpan tanda-tanda sejarah yang tiap hari mengisahkan sejarahnya yang terjadi di sana kepada para wisatawan. Untuk mengetahui budaya lorong kota Shanghai, saya khusus merekomendasikan "Shibo Renjia" dengan 70 kepala keluarga di Komunitas Jing'ansi kepada para pengunjung. Di sini Anda tidak hanya bisa melihat lorong-lorong khas Shanghai, juga bisa berkontak erat dengan para penduduk, dan dengan mata kepala sendiri melihat pemandangan asli kota Shanghai.
Saudara pendengar, demikian tadi telah kami rekomandasikan beberapa tempat untuk dikunjungi. Berikutnya akan saya ajukan dua pertanyaan untuk dijawab. Pertama, tempat mana yang sering pula dijuluki sebagai "miniatur kota Shanghai"? Kedua, jalan mana yang dijuluki sebagai "pusat perbelanjaan nomor wahid" di Tiongkok. Kami ulangi sekali lagi. Dengan ini selesailah artikel ketiga untuk Sayembara Pengetahuan Bertemu di Ekspo Dunia Shanghai. Disampaikan ....
------------------------------------------------
Tentang Ekspo Dunia Shanghai Artikel Ke-4
Apa kabar ! Saya adalah " Haibao ", maskot Ekspo Dunia Shanghai. Ekspo Dunia sudah diselenggarakan sebanyak 40 kali, Ekspo Dunia Shanghai adalah ke-41 kalinya. Jadi, apakah cerita menarik yang terjadi dalam 40 kali ekspo dunia yang lalu? Dan apakah titik cerah dalam Ekspo Dunia Shanghai? Nah, ceritanya sebagai berikut.
Pada tahun 1851, Ekspo Dunia Pertama diselenggarakan di Taman Hyde, London, waktu itu dinamakan " The Exhibition of Industry of All Nations ". Orang Inggris yang baru saja menyelesaikan revolusi industri telah memamerkan 100 ribu benda, termasuk mesin uap, lokomotif dan mesin derek.
Coca Cola adalah minuman yang disukai umum. Pada waktu itu, Coca Cola terkenal karena timbul di Ekspo Dunia New York pada tahun 1964. Gagasan tentang Disney yang dirindukan anak-anak juga dilahirkan di Ekspo Dunia New York.
Arak Maotai yang dihasilkan Tiongkok meraih hadiah emas di Ekspo Dunia Panama pada tahun 1915. Tentang arak Maotai yang mendapat hadiah emas di ekspo tersebar cerita yang menarik. Pada waktu itu, arak Maotai diisi dalam guci tanah dan ditaruh bersama dengan rami, kedelai, minyak goreng dan produk pertanian lainnya, tampaknya tidak menonjol. Menjelang berakhirnya kompetisi jenis arak selama ekspo, arak Maotai tidak diperhatikan. Pada suatu hari, beberapa juri meninjau paviliun, para staf Tiongkok menjatuhkan sebuah guci arak Maotai, baunya menyebar luas sehingga menarik sejumlah pengunjung, sementara menakjubkan para juri, akhirnya arak Maotai meraih hadiah emas.
Selain memamerkan produk iptek canggih dan gagasan maju, bangunan paviliun yang beraneka ragam di ekspo juga menarik perhatian umum.
Sebenarnya, bangunan kreatif selalu menjadi titik cerah dalam ekspo, misalnya paviliun dalam ekspo pertama di London yang terbuat dari besi dan kaca disebut sebagai " Istana Kristal ". Misalnya lagi, Eiffel Tower yang terkenal kini sudah menjadi salah satu pertanda kota Paris, namun apakah Anda tahu, pembangunan Effiel Tower justru bermula pada Ekspo Dunia Paris pada tahun 1889. Sedangkan pada Ekspo Dunia Shanghai tahun 2010, paviliun Tiongkok yang memiliki gaya tradisional Tiongkok dan sejumlah bangunan permanen nanti pasti akan menjadi bangunan Ekspo Dunia yang terkenal.
Tiongkok untuk pertama kali menyelenggarakan Ekspo Dunia dengan temanya " kota yang lebih indah, kehidupan yang lebih indah ". Karena populasi urbanisasi kini bertambah pesat dan sudah mencapai separo populasi seluruh dunia, maka perkembangan kota di masa mendatang merupakan persoalan yang perlu dihadapi dan diperhatikan. Dalam Ekspo Dunia Shanghai akan dipamerkan sejumlah kreasi tentang kehidupan karbon rendah, penghematan energi serta iptek dan produk terkait.
Ekspo Dunia Shanghai segera akan diselenggarakan, jangan lupa menengok saya Haibao, maskot Ekspo Dunia Shanghai. Selama 180 dari tanggal 1 Mei hingga tanggal 31 Oktober, Ekspo Dunia Shanghai terbuka untuk Anda. Sekarang, Haibao akan mengajukan pertanyaan, pertama, Ekspo Dunia Shanghai adalah ekspo ke-berapa kali? Kedua, apakah tema Ekspo Dunia Shanghai?
-------------------------------------
Formulir Sayembara

1.Apa nama maskot Ekspo Dunia Shanghai?



2.Tunjukkan dua bangunan dari "satu poros dan empat paviliun" dalam Ekspo Dunia Shanghai.




3.Kapan Ekspo Dunia Shanghai dibuka?



4.Apa warna Paviliun Nasional Tiongkok?



5.Tempat mana yang sering dijuluki sebagai "miniatur kota Shanghai"?



6.Jalan mana di Shanghai yang dijuluki sebagai "pusat perbelanjaan nomor wahid" di Tiongkok?



7.Ekspo Dunia Shanghai adalah ekspo ke-berapa kali?



8.Apa tema Ekspo Dunia Shanghai?



Beri Komentarbaca komentar
nama
E-mail
kewarganegaraan
profesi
alamat
umur
ber : Website CRI Seksi Indonesia   

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP