MAPEM Club di The BOBs 2009/2010

>> Jumat, 01 Januari 2010

Teknologi telah mengarahkan daya cipta manusia merambah dunia maya. Merubah alam tidak nyata menjadi terpampang di depan mata. Namun, kemjuan dan perkembangan yang tidak merata telah memposisikan Indonesia sebagai wilayah yang tertinggal dibanding beberapa negar berkembang lainnya terutama dalam teknologi yang salah satunya adalah bloging.

Sebagai contoh, ketika memasukkan kata kunci apa saja pada browser dengan mengkhususkan pencarian pada laman dari Indonesia, akan muncul sederet alamat website atau blog Indonesia yang ditawarkan oleh mesin pencari. Dari semua tema dapat kita lihat blog-blog Indonesia sudah bertebaran dimana-mana. Tetapi deretan sebanyak itu belum ada apa-apanya jika dibandingkan ketika browser tadi kita perintahkan untuk mencari dari web seluruh dunia. Ternyata ribuan blog-blog Indonesia itu akan terasa sangat sedikit diantara puluhan bahkan ratusan juta blog-blog dengan tema sejenis dari berbagai belahan dunia.

Jika blog kita asumsikan sebagai satu bentuk suara kebebasan berpendapat, lalu sebenarnya siapakah yang semestinya berkewajiban untuk memasyarakatkan blog kepada khalayak Indonesia? Apakah pemerintah ataukah para pelaku bisnis? Apakah media massa atau masyarakat secara umum?

Media massa telah melakukan fungsinya dengan maksimal. Hasilnya pun telah terlihat nyata, upaya membudayakan kebiasaan menyampaikan pendapat secara bebas dan terbuka. Keberanian untuk menyuarakan hati nurani sungguh luar biasa. Unjuk rasa, menulis untuk surat pembaca, melalui SMS, email dan sebagainya sudah merupakan hal yang sering dilakukan oleh masyarakat dari semua lapisan, walaupun respon yang didapatkan tidak selalu memuaskan, bahkan sebaliknya menyakitkan. Cara menyampaikan informasi yang akhir-akhir ini sedang marak adalah dengan membuat blog. Blog selain dimaksudkan untuk menyalurkan aspirasi yang bebas dan terbuka, juga sebagai wadah untuk menyimpan informasi penting serta sharing dengan penduduk dunia.

The BOBs Deutsche Welle

Radio Internasional Jerman Deutsche Welle salah satu media penyiaran internasional yang gigih menggugah dan membangkitkan semangat penduduk dunia untuk ‘masuk’ ke dunia blog dan ikut berkompetisi. Memperkenalkan blog kepada pendengar dan user di seluruh dunia dengan satu program khusus kompetisi blog melalui The BOBs.

Tahun ini untuk ke-6 kalinya kontes blog internasional diselenggarakan. Deutsche Welle bekerjasama dengan The BOBs mengajak para bloger untuk mendaftarkan blognya pada blogpedia mulai sekarang.

Tahun 2008 telah terpilih blog-blog berkelas dunia dalam berbagai kategori, yang salah satunya adalah blog Indonesia terbaik. Beberapa blog pilihan dari bloger-bloger Indonesia telah tersimpan dalam blogpedia The BOBs. Ini menandakan bahwa perkembangan blog di tanah air cukup bergairah walaupun belum dapat dikatakan berkembang dengan pesat. Tetapi dari pertumbuhan blog itu, tidak menutup kemungkinan pada beberapa tahun ke depan blog akan menjadi media direktori dan kumpulan diari yang banyak dikembangkan, mengingat betapa besarnya penduduk negeri ini.

Melalui acara Halo Pendengar edisi-edisi terakhir Desember ini, selalu dihimbau kepada pendengar dan user Indonesia untuk jangan malu dan ragu mendaftarkan blognya ke blogpedia. Disebutkan juga blog-blog yang sudah mendaftar masih sangat sedikit, sementara dari kategori bahasa selain Indonesia sudah banyak yang entri.

Merespon himbauan itu, sebagai pendengar radio dan ikut berpartisipasi pada kegiatan Deutsche Welle, kami tak dapat berbuat banyak. Sebagai bloger pemula, sesungguhnya mapem-club.org belum pantas untuk diikutkan dalam kontes tingkat dunia, sebab blog yang baru seumur jagung dengan fokus pada tema yang sudah banyak diangkat oleh blog-blog populer, rasanya memang risih untuk menampilkan blog MAPEM Club pada blogpedia The BOBs. Tapi mau apalagi, karena hanya itu yang kami punya, maka hanya itu pula yang dapat kami tampilkan, walaupun sekedar “nampil.” Kami tidak berani memasang target untuk kontes kali ini, itung-itung memperkenalkan MAPEM Club kepada teman-teman sehobi.

Kami sangat senang jika ada yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke blog MAPEM Club walaupun statistiknya jauh dibawah pengunjung blog-blog yang lain. Oleh karena itu, buat pengunjung MAPEM Club yang ingin mendukung penampilan mapem-club.org pada The BOBs, klik pada widget The BOBs disamping dan berikan penilaian, atau jika masih berada di mapem-club.blogspot.com, untuk mengunjunginya klik DISINI.

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP