Pustaka Atensi Februari 2010

>> Senin, 29 Maret 2010

Setelah sukses dengan peluncuran edisi perdana Buletin “Mediator”, Borneo Listeners Club (Bielsi) yang diketuai rekan Rudi Hartono kembali mengedarkan edisi keduanya. Sama seperti edisi pertama, kali ini buletin dikemas dalam 28 halaman ukuran setengan folio. Gambar sampul memajang foto Temu Perdana Anggota Bielsi yang diselenggarakan pada 1 Januari 2010 lalu.


Buletin “Berita Radio Jepang” diterbitkan secara berkala satu atau dua bulanan oleh Seksi Bahasa Indonesia Radio Jepang NHK World. Pada edisi Januari – Februari 2010 memuat beberapa kegiatan Radio Jepang, misalnya:


BaKTINews adalah media pertukaran pengetahuan tentang pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Tujuan BaKTINews adalah mempromosikan praktik cerdas pembangunan dari berbagai daerah di Kawasan Timur Indonesia agar dapat diketahui oleh khalayak luas dan menginspirasi pelaku pembangunan di berbagai daerah dalam upaya menjawab berbagai tantangan pembangunan. BaKTINews terbit setiap bulan dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, untuk memudahkan pembaca dalam mendapatkan informasi pembangunan dari Kawasan Timur Indonesia.

Ruangan Pustaka ini memuat bahan-bahan publikasi, bahan cetakan, brosur dan lain-lain yang diterima klub baik secara gratis maupun barter selama sebulan ini.
Redaksi MAPEM Club mengucapkan terima kasih atas kiriman berbagai bahan cetakan dari radio luar negeri, lembaga/organisasi, mitra MAPEM Club dan berbagai pihak. Andapun bisa mendapatkannya dengan memintanya melalui surat atau emani. Bulan Februari 2010 kami menerima kiriman dari:
1. Yayasan BaKTI: BaKTINews Vol. V Desember 2009-Januari 2010 Edisi 52
BaKTI_52Majalah yang terdiri dari 32 halaman ini disirkulasi melalui pos kepada pembaca dengan target utama adalah para pelaku pembangunan yang berdomisisli di daerah kepulauan dan daerah terpencil. Tidak dikenakan biaya apapun untuk berlangganan BaKTINews agar lebih banyak masyarakat yang dapat mengakses informasi pembangunan melalui majalah ini. Selain dalam bentuk cetak, BaKTINews juga dapat diakses di website BaKTI www.bakti.org dan dikirimkan melalui email kepada pelanggan yang dapat mengakses internet.
BaKTINews dikelola oleh Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI). Seluruh artikel BaKTINews adalah kontribusi sukarela para pelaku pembangunan dari berbagai kalangan dan daerah yang ingin berbagi pengetahuan dengan khalayak luas.
BaKTINews edisi 52 memperkenalkan bahwa Yayasan BaKTI menggunakan logo baru, seiring dengan perubahan bentuk menjadi institusi independen. Logo yang menyiratkan semangatnya dalam mendukung efektifitas pembangunan di Kawasan Timur Indonesia.
Logo baru ini menggambarkan manusia membawa suluh penerang. Bentuk suluh divisualisasikan laksana empat lembar halaman sebuah buku setengah terbuka. Keempat lembar halaman merupakan simbolisasi empat upaya BaKTI dalam mencapai visinya, yakni meningkatkan efektivitas pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Buku yang setengah terbuka melambangkan fokus kerja Yayasan BaKTI yakni pertukaran pengetahuan.
Alamat: BaKTI, Jl. Dr. Sutomo No. 26 Makassar 90113; Email: baktinews@bakti.org; SMS: 085255776165
Majalah Volume V Desember 2009-Januari 2010 Edisi 52 berisi:
  • Pameran Foto Pembangunan BaKTI – AJI Makassar “Dinamika Indonesia: Semangat Dari Timur
  • Pembukaan Resource Centre BAPPEDA NTT
  • Obsesi Menjadi Kampung Wisata
  • Kabupaten Kepulauan Yapen Siap Melakukan Pengelolaan Sampah Kota
  • Workshop Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia Dalam Rancangan RPJMN 2010-2014 Berdimensi Kewilayahan
  • Mempertajam Prioritas Pembangunan Berbasis Kewilayahan di Forum Kepala BAPPEDA Se-KTI IV
  • Arah Baru Pembangunan Daerah Sulawesi
  • Melongok Praktik Cerdas Kemitraan Bidan dan Dukun di Kabupaten Takalar
  • Mandiri Energi di Tengah Krisis Listrik, Batang Uru Difilmkan
  • Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan
  • Gereja Toraja Berpartisipasi Mengatasi Masalah Perdagangan Orang
  • Pendidikan Lingkungan Hidup di Kota Kendari dan Wakatobi
  • Meningkatkan Akses Terhadap Jasa Keuangan di Indonesia
—————————————————–
2. Dari Radio Jepang NHK World: Buletin “Berita Radio Jepang”, Teks Mari Menyanyi, Jadwal Frekuensi NHK dan Jadwal Frekuensi Seksi Indonesia Periode Oktober 2009 – Maret 2010
    NHK02
  • Selamat Tahun Baru 2010, yang selain sebagai ucapan tahun baru kepada seluruh pendengar juga diumumkan tentang satu kegiatan NHKW dalam rangka merayakan genap 75 tahun siaran Radio International Jepang pada tanggal 1 Juni mendatang.
  • Pada tanggal 1 Juni 2010 Radio Jepang NHK World akan menyiarkan sebuah acara khusus dalam rangka hari ulang tahun tersebut. Pendengar diajak untuk ambil bagian dengan mengirimkan essai, puisi, lukisan atau foto yang menceritakan hubungan pendengar dengan Radio Jepang. Pengirim karya terbaik akan berkesempatan diundang ke Jepang, dan tentunya dengan gratis.
Teks Mari Menyanyi merupakan teks lagu yang disiarkan/diajarkan kepada pendengar setiap bulan.
Lagu untuk bulan Januari adalah Niji atau Pelangi, sedangkan lagu untuk bulan Februari 2010 adalah Ai No Kisetsu (Musim Cinta).
Ingin mengenal wajah-wajah ceria penyiar radio Jepang NHK World? Pada panduan frekuensi siaran bahasa Indonesia yang diterbitkan setiap tahun biasanya memuat foto-foto penyiar NHK. Inilah wajah-wajah mereka yang suaranya kita dengar setiap hari.
————————————————————-
3. Dari Borneo Listeners Club: Buletin “Mediator” Volume 02/I  Maret – April 2010
Mediator_02Klub dengan motto “Jembatan Informasi & Referensi Pendengar Radio” ini mengedarkan “Mediator” edisi 2/I Maret-April 2010 kepada 48 penerima, yaitu 35 orang anggota/pelanggan, 5 klub pendengar (termasuk MAPEM Club), dan 18 stasiun radio luar negeri.
Sebagai klub baru, penerbitan “Mediator” dengan format seperti ini merupakan penerbitan yang cukup bagus, menarik dan informatif, walaupun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi agar kelihatan lebih anggun dan variatif. “Mediator” edisi ini memuat tulisan:
  • Ruang Redaksi
  • Ruang Klub Pendengar: Temu Pendengar Borneo Listeners Club
  • Ruang Radio Bersama Radio Taiwan International
  • Ruang Info: Radio “Democracy”
  • Ruang Info Terkini: Berlomba Menjaring Pelanggan Komunitas
  • Ruang Special English on VOA
  • Ruang Partner Club: Tanggapan Ketua MAPEM Club untuk Temu Pendengar Bielsi
  • Ruang Kuis Radio
  • Ruang DX: Laporan Penerimaan Siaran
  • Ruang Anggota: Surat-surat Dari Anggota Bielsi
  • Ruang Anggota BLC: Nama-nama Anggota BLC
  • Ruang Sayembara: Sayembara VOV
  • Ruang Pustaka: Bahan-bahan yang Diterima Selama Sebulan Terakhir
—————————————————————–
4. Dari PT Pos Indonesia: Kalendar Filateli 2010
Semenjak tidak diterbitkannya lagi Album Tahunan oleh PT. Pos Indonesia mengenai penerbitan prangko dan benda-benda pos lainnya selama setahun terakhir, pelanggan Filateli setiap awal tahun hanya dibagikan kalender filateli. Tahun 2010 berupa kalender meja sebagaimana kalender pada umumnya, akan tetapi pada tanggal-tanggal penerbitan prangko dan benda filateli ditandai secara khusus dengan warna hijau.
Filateli sebagai hobi yang cukup dikenal dikalangan masyarakat yang terbatas, meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan jumlah filatelis tanah air. Mulai dari Program “Ayo Ke Kantor Pos”, “Ayo Berkirim Surat”, “Program Sejuta Filatelis”, dan kini yang terbaru sesuai dengan tema Kalender Filateli 2010, “Ayo Koleksi Prangko”.
Pada masing-masing gambar dinding kalender didesain sedemikian rupa dengan ciri khas filateli dan memuat slogan-slogan menarik.
  • Bagaimana Prangko bisa membuat Banyak Hal Menjadi Lebih Bermakna
  • Mengabadikan Ketidak Abadian, dengan latar belakang peta dan para tokoh Negara Indonesia pada Zaman Republik Indonesia Serikat (RIS).
  • Membidik Moment Penting, sehubungan dengan rencana penerbitan prangko dengan seri olahraga, antara lain Piala Dunia Afrika Selatan 2010.
  • Peduli Pelestarian Lingkungan
  • Membingkai Pesona Budaya
  • Menandai Peristiwa Istimewa, dan
  • Kamu pun Bisa Tampil Dalam Prangko, mempromosikan Prangko Identitas Milik Anda yang kita kenal sebagai PRISMA.
Pada bagian akhir kalender filateli, dilengkapi dengan rencana penerbitan prangko tahun 2010 sesuai dengan keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi, yaitu:
6 Februari 2010: Seri Shio Macan (Seri ketiga)
1 Maret 2010: Definitive Identitas Kebudayaan
19 April 2010: Seri Piala Dunia Afrika Selatan 2010
20 Mei 2010: Seri Youth Olympic 2010
5 Juni 2010: Seri Peduli Lingkungan
14 Juni 2010: Seri Kepala Negara/Tokoh International
6 Juli 2010: Seri Makanan Tradisional
17 Agustus 2010: Seri Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia
25 September 2010:Seri 200 Tahun Kota Bandung
27 September 2010: Seri Penerbitan Bersama Indonesia – Belanda
25 Oktober 2010: Seri Kehidupan Laut
5 November 2010: Seri Cinta Puspa dan Satwa
13 Desember 2010: Seri Lambang Provinsi
Bagi yang berminat menjadi pelanggan benda pos secara langsung, dapat menghubungi alamat:
PT. Pos Indonesia
Divisi Ritel dan Filateli
Jl. Jakarta 34 Bandung 40271
Telp.: +62 22 71005
Fax.: +62 22 7100 512
Email: filateli@posindonesia.co.id atau  stamp@posindonesia.co.id
Website: http://www.fun-easy.com atau  http://posindonesia.co.id
———————————————————————
5. Buletin “Jalurus Edisi Februari 2010”
Jalurus  yang merupakan lembaga independen di Indonesia secara berkala menerbitkan buletin dua, tiga atau empat bulan sekali, sebagai media informasi untuk anggotanya. Buletin dengan cetakan lux setebal 12 halaman ukuran setengah kuarto diedarkan secara cuma-cuma kepada semua fans yang tergabung dalam Fans Club Jalurus. Jalurus juga menjadi salah satu yang memproduk siaran untuk berbagai stasiun radio luar negeri salah satunya adalah FEBC/KFBS yang berpusat di Pulau Saipan dan Manila Filipina. Menurut pengelolanya, Jalurus secara khusus tidak memiliki hubungan dengan FEBC/KBS.
Dengan demikian disatu pihak, sebagai broadcast religius yang memiliki jaringan sangat luas, FEBC/KFBS telah memiliki pengalaman dalam mendekatkan diri dengan pendengar. Anda yang butuh berita-berita pengharapan, dapat mendengarkan siaran radio ini sedangkan di pihak lain Jalurus menyediakan  berbagai bahan publikasi seperti Kitab Injil, Buku-buku Bacaan, Kaset, VCD, Buletin dan sebagainya dengan gratis. dan sekali lagi tak ada hubungannya antara Jalurus dengan FEBC/KFBS.
Pada bagian sampul belakang Buletin Jalurus dimuat iklan jadwal frekuensi siaran untuk 3 seksi bahasa, yaitu bahasa Gorontalo (Siaran Ilomata), Bahasa Banjar (Radio Karindangan Banua) dan bahasa Madura (Siaran Tanian Lanjeng).
Edisi Februari 2010 memuat tulisan dibawah judul:
  • Visi Jalurus
  • Allah Yang Sama dan Perintah Yang Sama
  • Agungkanlah Allah
  • Menerima Rahmat Dari Allah
  • Al-Qur’an Sebagai Sumber Kebenaran
  • Menghadapi Orang Yang Iri Hati
  • Almasih Dajjal dan Almasih ‘Isa 

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP