Docchi? NHK World November 2009

>> Jumat, 06 November 2009

Pilih Yang Mana? - Docchi!? adalah programa yang menghadirkan pendapat pendengar mengenai topik hangat yang tengah diperdebatkan di Jepang dan di luar negeri. Para pendengar dapat berkontribusi melalui surat atau email, atau juga melakukan voting secara langsung pada situs web Radio Jepang Bahasa Indonesia.

Topik kali ini:

Pilihan Sistem Nama Keluarga Ganda
Menteri Kehakiman Jepang Keiko Chiba telah mengumumkan rencana untuk mengajukan Rancangan Undang-Undang yang memungkinkan pasangan yang sudah menikah untuk tetap menggunakan nama keluarga mereka masing-masing. RUU ini mungkin akan diajukan dalam sesi sidang parlemen tahun depan.

RUU ini akan memungkinkan pasangan yang sudah menikah untuk memilih antara menggunakan satu nama keluarga atau agar suami dan istri dapat tetap menggunakan nama keluarga yang sudah mereka gunakan sejak lahir. Kementrian Kehakiman nampak bersemangat sekali dengan rencana usulan RUU ini karena menurut mereka langkah ini bisa memperluas pilihan bagi para wanita untuk menjalani hidup yang lebih beragam.

Undang-undang yang berlaku saat ini menetapkan bahwa pasangan yang menikah hanya bisa menggunakan satu nama keluarga saja. Dalam 10 tahun terakhir saja, sudah diajukan 10 RUU untuk merevisi peraturan tersebut, namun selalu saja gagal. Ada penentangan keras dan sudah mengakar dari kalangan yang menganggap bahwa sistem nama keluarga ganda ini akan merusak sistem lembaga perkawinan yang ada dan akan merusak persatuan keluarga.

Apakah anda mendukung “Pilihan Sistem Nama Keluarga Ganda” ini?

  • Ya
  • Tidak

Kirimkan opini anda
Kami menantikan tanggapan dari anda mengenai masalah Pilihan Sistem Nama Keluarga Ganda ini

Docchi! Radio Jepang Siaran Bahasa Indonesia
Radio Japan, Tokyo, 150-8001, Japan

atau
Kotak Pos 1245, Jakarta Pusat 10012

E-mail: dotchi@nhk.jp

Sejumlah pesan dari surat-surat yang kami terima akan dibacakan dalam programa Radio Jepang, baik dalam bentuk rangkuman maupun secara keseluruhan. Surat-surat yang masuk tidak dapat dikembalikan. Klik di sini ( dalam bahasa Inggris) untuk mengetahui peraturan perlindungan privasi.

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP