Menelusuri Jejak Bagian 3

>> Selasa, 24 November 2009

Menelusuri Jejak (3)

Kim, Mi-no Kunjungi Pendengarnya

99 Kim Mi No99 Kim Mi No1

Pada tahun 1999, salah seorang penyiar KBS World Radio, Kim,Mi-No berkunjung ke Indonesia untuk menemui pendengar di Jakarta. Pendengar-pendengar setia KBS World yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya menyempatkan diri untuk hadir, diantaranya Bp. Eddy Setiawan (Pengasuh Buletin Pendengar dan Ketua RTI Fans Club Indonesia), Bp. Erenst Rorong dan lainnya. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 1999 ini cukup meriah, walaupun secara resminya Kim, mi-No datang ke Indonesia dalam rangka urusan studi bahasa Indonesia di Surabaya.

Pertemuan dengan pendengar juga dilakukan di Yogyakarta pada tanggal 5 September 1999, walaupun yang hadir dalam kesempatan tersebut tidaklah sebanyak pertemuan di Jakarta. Nampak dalam foto Yogyakarta Bp. Herbert Sunu Budihardjo, Aries Subagyo, Ajie Sukardi dan pendengar lainnya.

DX Camp Tawangmangu 1999

99 Solo299 SoloDX Camp merupakan salah satu dari agenda tahunan Indonesian DX Club (IDXC) yang direncanakan pada temu pendengar sebelumnya. Selain memperkokoh kebersamaan antarsesama pendengar, DX Camp ini juga sebagai ajang anjangsana mengunjungi wisata alam Tawang Mangu.

99 Solo1Aloysius HM, pendengar dari Tuban yang sudah keliling Indonesia menghadiri hamper seluruh pertemuan pendengar, kali inipun tak mau ketinggalan. Walaupun DX Camp ini tidak dihadiri oleh penyiar dari luar negeri, tetapi kesannya bagi peserta sangat mendalam, karena pertemuan itu memberikan kesegaran dan sekaligus menambah pengetahuan dan pengalaman dari teman-teman senior yang sudah malang melintang di rimba per-DX-an ini.

Djokja 2000

2000 Yogya2000 Yogya1Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tahunan Indonesian DX Club, setelah DX Camp 1999, kembali diadakan Temu Pendengar yang lagi-lagi berlokasi di Yogyakarta. Acara yang diberi label Djokja2000 ini terkesan istimewa karena pada waktu itu istilah millennium baru sedang mendunia. Yah wajar saja, karena pergantian millennium baru saja terjadi dari tahun 1000-an ke tahun 2000-an.

Tetapi tentu bukan itu yang penting dalam pertemuan ini. Para pendengar dari berbagai wilayah kembali berkumpul, bertatap muka setelah sekian lama hanya saling kenal melalui udara. The Djokja 2000 ini pun terbilang sukses dan melahirkan beberapa agenda kegiatan kedepan. Kesan yang sangat mendalam dirasakan oleh semua peserta, dan rata-rata berharap akan ada pertemuan lagi, pertemuan dan pertemuan berikutnya. Semoga!!!

Lilis Ariwati di Batam

2007 NHKTahun 2003, penyiar Radio Jepang NHK World, Lilis Ariwati berkesempatan mengunjungi Pulau Batam. Pengasuh setia Belajar bahasa Jepang ini disambut dengan gembira oleh pendengar yang punya Batam, Mr. Dick Himawan. Dick juga menghimpun teman-teman pendengar lainnya untuk berkumpul menemui Lilis Ariwati. Pertemuan berlangsung di SDN (bukan Sendirian bhd, seperti yang pernah dibaca begitu oleh salah seorang penyiar Radio Singapura International) 20 Pulau Sekanak, Kota Batam. Nampak dalam gambar, Bu AGustina Guru SDN 20 Pulau Sekanak dan rekannya, 4 orang siswi SMPN 2 Pulau Belakang Padang, Norazilah, Dick Himawan, Pak Yunizar (Guru SMPN 2), Bu Yusteri (Kepala SDN 20) dan Lilis Ariwati.

NHK di Jakarta 2003

2008 NHK2008 NHK1Ketika Radio Jepang NHK World mengadakan Temu Pendengar di Jakarta tahun 2009 yang diutus oleh NHK adalah Lilis Ariwati dan Achmad Rully. Pendengar datang dari berbagai tempat di tanah air, dan tak ketinggalan Pak Aloysius HM yang jauh-jauh datang dari Tuban untuk menemui penyiar idolanya. Temu pendengar kala itu dihadiri oleh banyak pendengar, dan ketika acara dimulai, Achmad Rully didaulat sebagai MC. “Benar saja, saat acara berlangsung, saya sungguh menikmati acara tersebut. Padahal seumur-umur, itu pertama kalinya saya menjadi MC lho. Semoga para pendengar tidak merasa kecewa dengan saya ya,” tulis bung Rully pada Berita Radio Jepang edisi Agustus 2003.

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP