Info RLN November 2009

>> Selasa, 24 November 2009

Info RLN November 2009

1. China Radio International

Majalah Digital

CRI OnDua atau tiga bulan sekali, China Radio International dari semua seksi bahasa menyediakan majalah online pada websitenya. Pendengar dapat dengan mudah mendownloadnya karena tersedia dalam format PDF arau Zip sehingga filenya sudah dikompres begitu kecil. Untuk seksi bahasa Indonesia, edisi pertama dinamakan in 01 dan edisi kedua diberi judul N40 Derajat. Majalah yang syarat informasi tentang berbagai hal baik kegiatan CRI, seni dan budaya Tiongkok maupun informasi-informasi lainnya.

Sedangkan seksi Melayu majalah online Kembara Sutra juga sudah ada edisi kedua. Majalah online ini sebagai tambahan informasi disamping menerbitkan majalah cetak sekali setahun, Jembatan Persahabatan (seksi Indonesia) dan Suara Sutera (seksi Melayu).

2. FEBC bahasa Indonesia

Buletin Broadcaster

Radio FEBC menawarkan newsletter bulanan kepada pendengar untuk semua seksi bahasa, termasuk bahsa Indonesia. Newsletter ini berisi informasi seputar kegiatan FEBC sehari-hari, dengan foto-foto full colour. Pendengar dapat berlangganan gratis melalui email dengan mendaftarkan alamat email pada website FEBC dengan menyatakan ingin mendapatkan bulletin online secara rutin. Setiap pertengahan bulan, melalui lampiran email, bulletin tersebut akan dikirimkan. Pendengar tinggal mendownoadnya dan dapat membaca atau menyimpannya dalam format PDF yang dibuka dengan Acrobat Reader. Filenya sangat kecil karena bulletin ini terdiri dari tiga atau empat halaman yang dapat dibuka dengan mengklik index atau tajuk rencana. Bagi yang berminat dapat membuka website FEBC: www.febc.ph, kemudian pilih bagian Asia atau seksi Indonesia, pada bagian newsletter, klik broadcasting untuk mengisi formulir berlangganan newsletternya.

3. NHK Jepang, KBS World, DW World, IRIB Iran, BBC, VOA dan RASI

Teks Pelajaran Bahasa

Bagi Anda yang tidak sempat mendapatkan buku teks pelajaran bahasa asing yang disiarkan rln, atau belum sempat membelinya, maka teks pelajaran yang disediakan di website untuk sementara dapat memadai sebagai panduan mengikuti acara siaran pelajaran tersebut. NHK World (Belajar bahasa Jepang), KBS World (Mengenal bahasa Korea), DW World (Pelajaran Bahasa Jerman Radio D), IRIB (Pelajaran bahasa Parsi), BBC (Pelajaran bahasa Inggris), VOA (bahasa Inggris), RASI (English from Australia) dan beberapa rln lainnya sudah menyediakan teksnya secara online. Anda tinggal mengunduh filenya atau mungkin sekedar kopi paste beberapa halaman yang dikehendaki. Boleh jadi file yang tersedia tidak seutuh versi cetaknya, tetapi untuk beberapa diantaranya menyediakan file persis seperti edisi cetak. Ya itung-itung sambil menyelam minum air, sambil membiasakan diri otak atik internet sambil mengunduh teks pelajaran.

Kalender dan Walpaper

Menjelang pergantian tahun, biasanya rln menerbitkan kalender untuk para pendengarnya. Walau sebagian besar menyediakan dalam bentuk cetak, seperti 2009 lalu, Voice of Vietnam dalam bentuk kalender dinding, NHK World dalam bentuk chip, atau banyak juga yang sekalian dalam bentuk kartu ucapan selamat tahun baru. Tahun 2010 KBS World membagikan kalender meja dengan gambar-gambar menarik “Korea’s Unesco Designated Heritages”. Sedangkan VOA menyediakan kalender selain bercetak (2009) juga dapat diunduh melalui websitenya, dalam format PDF. Fhoto-fhoto penyiar dari berbagai seksi bahasa menghiasi setiap lembar kalender tersebut, mudah-mudahan tahun 2010 juga disediakan dalam format yang sama. Kalender wallpaper juga disediakan pada website BBC dan NHK. Bagi yang berminat kalender kalender online, sering-sering lah menengok website rln.

4. Radio International Jerman Deuysche Welle

Kuis Triwulanan (Sayembara Radio) Bisa Diikuti Melalui SMS

Pada acara Halo Pendengar 15 November diumumkan bahwa untuk memenuhi permintaan pendengar, mulai kuis edisi Oktober-Desember 2009, para pendengar boleh mengirim jawaban melalui e-mail dan SMS. Namun tidak dijelaskan apakah aturan “kirim sebanyak-banyaknya” masih tetap berlaku, yang dijelaskan adlah bagi peserta sayembara radio yang mengirim jawaban via email atau SMS hendaknya pada awal jawaban agar menulis kata kunci “Kuis Radio”. Juga tidak disinggung mengenai pengiriman hadiah bagi pemenang kuis periode yang lalu yang sudah berjalan setahun tetapi belum dikirimi hadiah. Beberapa teman yang merasa sebagai pemenang kuis baik berupa hadiah radio (mungkin Elta), pemenang utama kuis triwulanan (hadiahnya mungkin radio Grundig) maupun hadiah souvenir, agar keluhan mereka dimuat dalam blog MAPEM Club.

5. Radio Iran IRIB (VOIRI)

Bagi teman-teman yang ingin menghubungi Radio Iran, Islamic Republic Iran Broagcasting (IRIB) khususnya seksi bahasa Indonesia, dapat mengirim surat, email, faxsimili ataupun telepon ke alamat :

IRIB

PO BOX 8009 JKSTB Jakarta 12810A

Telepon : +0098 21 22162769

Fax : +0098 21 22053273

Email : melayuradio@irib.ir

6. KBS World Radio

Tahun 2010 kembali KBS World menerbitkan kalender untuk dibagi-bagikan kepada pendengar. Bagi Anda yang sudah biasa menerima kiriman dari KBS World, dapat dipastikan sudah dikirimi kalender meja tersebut. Kalender 2010 mengambil tema “Korea’s Unesco Designated Heritages” yang menampilkan 12 fhoto yang terdiri dari, 5 UNESCO World Heritages, 1 UNESCO Bisphere Reserve, 4 UNESCO Memory of World Projects, dan 2 UNESCO Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Bagi Anda yang belum menerimanya, silakan mengirim surat permintaan.

7. Radio Jepang NHK World

Untuk memeriahkan pergantian tahun, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, NHK World menyelenggarakan acara khusus akhir dan awal tahun selama sebulan lebih. Berbagai acara khusus telah dirancang, baik berupa ulasan-ulasan menarik, legenda-legenda Jepang, siaran ulang acara-acara menarik, mari menyanyi spesial dan ada kuis berhadiahnya. Gunakan kesempatan ini untuk berbagi dengan sesama pendengar, bagi salam, bagi informasi, dan ucapan selamat tahun baru.

8. Radio Taiwan International

Radio Taiwan International seksi bahasa Indonesia untuk kedua kalinya akan mengadakan Temu Pendengar RTI FM di Taiwan. Pertemuan yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 November 2009 sekitar jam 14.00 – 17.00 Waktu Taiwan akan berlangsung di Taichung. Bagi teman-teman pendengar yang berada di Taiwan khususnya dapat menghadiri pertemuan tersebut walau tanpa mendaftarkan diri terlebih dahulu, peserta tidak terbatas, asalkan tetap sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan. Bung Tony Thamsir melalui Temu Udara 22 November menghimbau agar peserta menjaga nama baik RTI dan nama baik Indonesia di Taiwan. Jangan melakukan tindakan-tindakan yang memberi kesan kurang baik, misalnya menginjak-injak atau merusak tanaman di tempat pertemuan dan sekitarnya, jangan menimbulkan keributan dan sebagainya.

9. Radio Kerajaan Arab Saudi

Sayembara Berhadiah Edisi 37 (Dzulhijjah 1430 H)

  1. Sebutkan nama 6 orang Nabi dan Rasul utusan Allah SWT yang ayahnya juga nabi!
  2. Pada masa pemerintahan siapakah area Sa’i mengalami perluasan yang terbesar?
  3. Apa nama pulau yang terbesar di dunia, sekaligus sebagai benua terkecil dinatara 5 benua yang ada?

Jawaban (sesuai hasil monitoring dan penelusuran MAPEM Club):

1. Nabi Yusuf AS. ayahnya adalah Nabi Ya’kub AS.

Nabi Yahya AS. ayahnya adalah Nabi Zakaria AS.

Nabi Sulaiman AS. ayahnya adalah Nabi Daud AS.

Nabi Ya’kub AS. ayahnya adalah Nabi Ishak AS.

Nabi Ishak AS. ayahnya adalah Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ismail AS. ayahnya adalah Nabi Ibrahim AS.

2. Raja Abdullah bin Abdul Aziz

3. Australia

Kirimkan jawaban Anda ke salah satu alamat Radio Kerajaan Arab Saudi Seksi Bahasa Indonesia berikut ini. Jawaban harus sudah diterima selambat-lambatnya tanggal 26 bulan menurut kalender Hijriah.

Jeddah 21161 KSA Saudi Arabia

in@saudiradio.net.sa atau rassbi2706@hotmail.com

Pemenang Sayembara edisi 36 (Dzulqidah 1430 H)

RUDI HARTONO di Pemangkat Kalimantan Barat (Ketua Bielsi Klub)

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP