>> Jumat, 09 Oktober 2009

Radio FEBC Kembali Beroperasi di Filipina

Sebagaimana kita ketahui bencana baru-baru ini juga menghantam stasiun Siaran Kristen internasional FEBC Filipina yang memiliki cakupan wilayah siaran di sseluruh daerah bencana seperti Filipina, Vietnam, Kamboja dan Indonesia, staf berusaha keras agar siaran radio ini dapat mengudara untuk membimbing mereka dalam krisis.
FEBC membantu mengarahkan pendengar dalam menghadapi modus krisis. DZAS (komunitas stasiun radio lokal di Filipina) telah kembali mengudara pada hari Minggu. DZFE (stasiun radio lainnya yang di Manila yang FM) juga berfungsi sebagai pusat koordinasi dan distribusi bantuan.
Banjir Lumpur yang masuk ke dalam bangunan instalasi glombang pendek FEBC di Bocaue, Filipina, dengan empat pemancar berkekuatan tinggi yang disiarkan dalam 54 bahasa Asia (dengan total siaran selama 36 jam setiap hari). Akibatnya, FEBC selama beberapa hari ini tidak mengudara, sementara staf bekerja sepanjang waktu untuk membersihkan lumpur dan mengeringkan peralatan, dalam rangka untuk memulihkan siaran sedini mungkin. Mulai Kamis pemancar kembali beraksi, dan tanpa kerusakan permanen.
(Sumber: FEBC via SW Central)
Radio Liberty mulai siaran untuk Abkhazia dan Ossetia Selatan

Teks laporan oleh Prague Kaukasus Times berbasis web, yang mengkhususkan diri dalam berita dari Kaukasus

Praha, 2 Oktober: Kaukasus Times telah belajar dari sumber yang kompeten yang terkenal yaitu US Radio Liberty yang didanai oleh Departemen Luar Negeri AS akan mulai siaran untuk daerah yang memisahkan diri dengan Georgia yaitu Abkhazia dan Ossetia Selatan.
Sumber Kaukasus Times mengatakan bahwa layanan baru sedang diciptakan dalam rangka pelayanan radio untuk Georgia.Layanan baru akan mengudara di bawah nama Liberty Times atau Free Times. Penduduk Abkhazia dan Ossetia Selatan akan dapat mendengarkan Radio Liberty pada gelombang pendek selama sekitar satu jam setiap hari. Wartawan Andrey Babitskiy, yang terkenal karena kritiknya yang sangat penting di Chechnya, ditunjuk sebagai kepala seksi siaran.

Untuk saat ini, pemimpin Radio Liberty berkepentingan mencari wartawan dari Abkhazia, Ossetia Selatan, dan Georgia. Salah satu personil stasiun radio itu mengatakan bahwa pengudaraan siaran akan dibagi ke dalam segmen Georgia, Ossetia, dan Abkhaz. Dengan cara ini, Liberty akan mencoba untuk menyatukan pihak dalam konflik melalui udara.
Tujuan layanan baru adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengurangi sentimen anti-Georgia di Ossetia Selatan dan Abkhazia;
2. Untuk memantau aktivitas terkait dengan konflik Georgia-Ossetia dan Georgia-Abkhaz;
3. Untuk membuat ruang informasi yang mampu mengurangi pengaruh propaganda Rusia di zona konflik.
Tujuan dari proyek ini adalah untuk menyampaikan informasi yang objektif dan berimbang mengenai kejadian-kejadian dan proses yang terkait dengan konflik Georgia-Ossetia dan Georgia-Abkhaz kepada penduduk republik separatis di Georgia (Ossetia Selatan dan Abkhazia); secara objektif dan sebagai inisitor perdamaian demokratisasi terhadap Ossetian dan Abkhaz di Georgia terhadap masyarakat dengan cara menganjurkan untuk menghargai nilai-nilai demokrasi.
Proyek ini telah menerima dukungan selama 12 bulan. Jika berhasil dilaksanakan, maka akan diperpanjang untuk satu tahun lagi.
(Sumber: Kaukasus Times website, Praha, di Rusia 02 Oct 09 melalui BBC Monitoring/R Belanda via SW Central)
Pendengar VOA Sekarang Bisa Mendapatkan Berita Dengan Stitcher.com
Voice of America (VOA) menambahkan cara lain untuk pemirsa bahasa Inggris, Mandarin dan Spanyol di seluruh dunia untuk mendengarkan berita dengan mendownload Stitcher (www.stitcher.com) di smart phone dan Internet. Stitcher memungkinkan pendengar untuk membuat konten radio VOA yang dipersonalisasi di komputer, iPhone dan Blackberry ponsel dalam tiga bahasa.

Doug Boynton, direktur pemasaran VOA, mengatakan bermitra dengan Stitcher adalah bagian dari strategi untuk mengintegrasikan multifaset VOA dengan pengguna Internet di seluruh dunia.” he said. "Ini adalah cara penting untuk menawarkan program VOA dalam berbagai platform," katanya.
Pengguna dapat berbagi cerita siaran VOA melalui Stitcher accounts dengan teman-teman melalui Facebook dan Twitter untuk membantu menyebarkan berita yang mereka dengar.

Kemitraan VOA-Stitcher merencanakan untuk menambah bahasa VOA lebih dari 45 bahasa di masa depan. Stitcher telah menyediakan layanan web selama dua tahun, dan tersedia untuk di-download di iTunes App Store di musim panas 2008.
(Sumber: Voice of America/R Belanda melalui SW Central)
Puntland Melarang Stasiun Lokal Menyiarkan Ulang VOA Somali

Sebuah dekrit yang dikeluarkan oleh Pemerintah Puntland Somalia untuk melarang stasiun radio lokal dari untuk merelay Voice of America dalam bahasa Somalia, Radio Garowe melaporkan. Keputusan itu dikeluarkan pada hari Kamis bersama-sama oleh Departemen Penerangan dan Departemen Keamanan di Puntland dan ditandatangani oleh para menteri.
Keputusan ini, yang ditulis dalam bahasa Somali, mencatat bahwa pemerintah dan rakyat Puntland "menyambut baik pembukaan VOA Somali Service, karena mereka melihatnya [VOA] bermanfaat terhadap promosi perdamaian dan pemulihan bangsa Somalia. Sayangnya, harapan ini tidak terwujud karena anggota Somalia yang memimpin VOA bagian Somalia yang berbasis di Washington, DC secara terang-terangan berpartisipasi dalam penciptaan ketidakstabilan sebagian Somalia, terutama Puntland, ketika mereka mengambil keuntungan dari VOA Seksi Somali untuk kepentingan politik dan regional,"demikian dekrit itu.
Dua contoh yang dikutip, pertama sampai dengan Agustus 2009, ketika VOA seksi bahasa Somali melaporkan bahwa politisi somali ditahan di Galkayo. "Masalah ini [penangkapan] adalah sebuah kebohongan dan niat untuk membahayakan perdamaian di Puntland dan untuk menyebarkan informasi negatif tentang Pemerintah Puntland," demikian isi dekrit, ditambahkan : "Pada waktu itu [pada bulan Agustus 2009], Pemimpin Puntland tertinggi di Galkayo. "
Pada 30 September 2009, VOA Seksi bahasa Somalia "mengambil informasi dari orang-orang yang tidak pernah berjasa, yang secara salah mengatakan bahwa faksi Ahlu Sunnah Wal Jama'ah telah membuka kantor di Garowe," tambah dekrit.”Lebih lanjut, dekrit mencatat bahwa "tidak ada agama atau faksi-faksi politik di Puntland" dan bahwa Puntland "hanya memiliki tiga cabang pemerintahan."
”Dua keputusan itu bersama-sama dibuat oleh departeman Puntland yaitu Departemen Penerangan dan Departemen Keamanan, yang melarang stasiun radio FM lokal untuk menyiarkan acara-acara VOA seksi bahasa Somali dan memerintahkan para pejabat keamanan Puntland untuk "memastikan pelaksanaan perintah ini dan untuk mengambil tindakan hukum terhadap siapa pun yang melanggar [perintah ini]. "
Ini adalah untuk pertama kalinya program VOA seksi bahasa Somali dilarang di Puntland sejak Dr Abdirahman Mohamed "Farole" terpilih sebagai presiden ketiga negara itu pada bulan Januari 2009.
Radio Garowe, sebuah stasiun radio independen yang berpusat di ibukota Puntland, adalah di antara beberapa stasiun radio di Puntland yang secara teratur menyiarkan VOA dalam bahasa sSomali, tetapi harus berhenti demi mengikuti peraturan baru ini. However, Radio Garowe continues to rebroadcast VOA English language programmes, as the Puntland government's ban order pertains only to the VOA Somali Section. Namun, Radio Garowe terus akan menyiar ulang siaran VOA program bahasa Inggris, sebagaimana pemerintah Puntland hanya melarang VOA seksi bahasa Somalia.
(Sumber: Garowe Online/R netherlands Media Network Weblog via SW Central)

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP