Suarakan Pengalaman Anda di RASI

>> Selasa, 27 Oktober 2009

Menyambut 70 Tahun Radio Australia (RASI)
Ceritakan Pengalaman Anda Mendengarkan RASI
Giliran Anda Bercerita, RASI dan Pendengar akan Membacanya!!

Cerita pendengar
Radio Australia telah memainkan peranan penting dalam hidup beberapa generasi pendengarnya. Mulai dari liputan berita yang berimbang dan akurat, sampai menyediakan pelajaran yang telah mengajari ribuan pendengar berbahasa Inggris, Radio Australia punya tempat yang penting dalam masyarakat di kawasan ini. Simak kisah para pendengar dan tokoh mengenai arti Radio Australia bagi mereka. Kumpulan kisah ini akan terus bertambah. Anda bisa mengunjung lagi halaman ini untuk melihat tambahan kisah baru, bisa memberi komentar atau bahkan menceritakan kisah anda sendiri mengenai peranan Radio Australia dalam hidup anda.

Masukkan cerita anda
Kami ingin mendengar cerita anda tentang peranan Radio Australia dalam hidup anda. Silakan menggunakan submit form di bawah ini (pada http://www.radioaustralia.net.au) untuk mengirim tulisan dan foto. Kalau ingin menyumbangkan bahan audio atau video, silakan mengirim file dalam format digital (video sebaiknya dalam format FLV, MP4, M4A, MOV, MP4V, 3GP, dan 3G2) dan kirimkan lewat pos ke :
Radio Australia – Celebrating 70 Years
GPO Box 428G
Melbourne Australia 3001

Cerita Bung MC tentang RASI :

Rasi memang bukan radio luar negeri pertama yang saya kenal, juga surat dari rln yang pertama saya terima bukan dari RASI, tetapi bagi saya RASI memiliki kisah tersendiri dalam permulaan saya menjadi seorang pendengar aktif. Dan siaran RASI sudah sering saya dengarkan jauh hari sebelum saya 'masuk' dalam hobi yang menurut saya langka ini.

Sejak SMA saya mendengar tentang RASI, tahun 1980-an dari teman-teman pendengar radio local yang seringkali merujuk berita-berita terhangat dari siaran Radio Australia.

Mulai aktif mendengarkan siaran dan berkirim surat ke RASI pada akhir tahun 1995, ketika mana saya mendapatkan sebuah surat dari sahabat pena saya dengan menggunakan kertas bertuliskan Radio Australia. Dari situ saya tertarik untuk mendengarkan siaran radio luar negeri, walaupun saya belum tahu di gelombang mana RASI berada. Kemudian melalui sebuah tabloid saya mendapatkan iklan radio luar negeri yang lengkap memuat frekuensi dan alamatnya, barulah saya tahu kalau rln itu berada di jalur SW. dan kebetulan tetangga saya memberikan saya sebuah radio tua, Philips D7181, dan wah betapa senangnya saya ketika suatu pagi mendapatkan gelombang siaran luar negeri. Jadilah saya sibuk mencatat setiap alamat yang dibacakan, untuk kemudian saya mengirim surat kepada beberapa RLN. Sebulan kemudian barulah saya mendapatkan balasan satu persatu. Surat pertama dari RASI yang saya terima, berupa selembar pedoman acara dengan poto-poto penyiar yang berderet disana, atau lebih tepatnya berupa polder dengan gambar gedung RASI di depannya. Lembaran lainnya berupa sejarah RASI dengan memuat semua nama-nama penyiar yang pernah dan atau sedang bertugas di RASI. Wah saya senang sekali, maklum namanya pertama, sampai kertas itu saya temple di kamar saya. Tidak selang lama dating lagi kiriman berupa kalender dinding seukuran kertas folio, kalender 1996, itupun saya temple juga. Setiap cetakan yang saya terima langsung saya temple sampai akhirnya tembok kamar saya jadi penuh dengan foto penyiar, stiker, peta, kalender dan lain-lain.

RASI bagi saya merupakan sumber informasi yang akurat, cepat dan berimbang. Salah satu contoh yang tidak mudah saya lupakan, ketika di tempat saya kasak-kusuk menantikan kabar siapa kiranya bayi yang lahir dan diberi gelar sebagai manusia yang ke 200 juta, eeh tiba-tiba beberapa detik setelah kelahiran anak itu, RASI memberitakannya bahwa bayi yang ke-200 juta itu lahir di Lombok dan presiden Soeharto memberinya nama "Wahyu Nusantara Aji". Ternyata RASI memang hebat!!!!!

Pesan saya, RASI mesti kembali seperti masa-masa kejayaannya itu, kami para pendengar akan tetap setia mendengarkan siaran-siaran RASI. Maju terus, dan lebih seringlah memberi perhatian, surprise dan kejutan bagi pendengar…………


0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP