Revisi Prospektus BiElSi

>> Minggu, 18 Oktober 2009

BORNEO LISTENER’S CLUB

I. Pendahuluan


BorneO Listener’s Club, disingkat bielsi merupakan klub pendengar radio dalam dan luar negeri yang berkedudukan di Jalan Penjajap Timur No.3A Pemangkat Kalimantan Barat 79453, yang memiliki tujuan mempererat hubungan silaturahmi antar pendengar dan penyiar radio dalam satu wadah klub pendengar radio sehingga dibangun solidaritas dalam berkomunikasi, kebersamaan dalam berinovasi dan komunikatif dalam hubungan dua arah. Selain itu juga membangkitkan kembali semangat gemar mendengar radio dan membuka klub guna membangun jembatan informasi dan memberikan bahan-bahan yang berkaitan untuk referensi kepada pendengar dalam mendengarkan radio. Klub ini dideklarasikan pada hari Jumat tanggal 1 Januari 2010 di markas BLC. Sebelum menuju pendeklarasian klub ini didirikan oleh Rudy Hartono, Siz Iskandar, Alwi Hasan, Sophia Azis Taba, Hyndun dan Romlah, yanga mana ke enam orang ini pernah bertemu di Temu Pendengar Solo dilanjutkan dengan pertemuan di Candi Borobudur Yogyakarta tahun 2008 tercetuslah sebuah ide “ mendirikan sebuah klub pendengar” yang berada di Kalimantan.

Mendirikan klub ? niat ini sebenarnya telah sekian lama saya dambakan semenjak tahun 2002, hal ini yang menjadi pertanyaan besar “apa saya bisa!!” beberapa kali saya sharing dengan Bp Siz Iskandar, Mbak Dessy Yanti dan terakhir kepada Bp Tony Ashar, karena beliau yang saya ketahui telah lama berkecimpung dalam mengelola klub pendengar. Dan akhirnya saya putuskan untuk menghadapi tantangan ini dengan mendirikan klub yang tentunya telah mendapat dukungan dari pendiri klub dan anggota klub.

Nama klub “BorneO” artinya Kalimantan, nama ini lebih dikhususkan pada tempat dimana klub ini beroperasi dan alamat markas klub sehingga kita mencari nama yang khas dan lebih spesifik maka ditetapkan Nama BorneO, yang merupakan bagian dari Indonesia juga khan, karena kami juga membutuhkan dukungan anggota dari seluruh penjuru Tanah Air.

Dalam pendirian klub pendengar tentu harus memiliki dasar dalam pengoperasiannya yang dikenal visi dan misi klub, mungkin secara singkat kami sampaikan :
Visi, adalah bersama kita bangun budaya mendengarkan radio
Misi, adalah Jadikan BLC sebagai jembatan informasi dan referensi dalam mendengarkan radio
Dari visi dan misi klub mungkin secara eksplisit kami jabarkan bahwa di era yang serba elektronik ini dibutuhkan sesosok klub pendengar yang bisa mewadahi dan memberikan informasi seputar dunia keradioan kepada pendengar baik pemula maupun senior serta mambangkitkan kembali gemar mendengarkan radio. Kita tahu zaman sekarang ini orang telah terbiasa untuk menggunakan fasilitas cepat saji yaitu internet, short masseging system (SMS), facebook dan lain sebagainya sehingga mendengarkan radio gelombang pendek merupakan kegemaran yang langka.

Sebagai referensi pendirian klub ini kami telah berkecimpung dalam mendengarkan radio sejak tahun 1992 dan aktif sejak tahun 1995, dalam perjalanan kami di dunia keradioan telah beberapa kali mendapat penghargaan dari stasiun radio :
1. Tahun 1995 – 1999 menjadi Monitor Tetap Radio Korea International
2. Tahun 1995 – 1997 mendapat piagam partisipasi aktif Radio Singapura International
3. Tahun 1997 mendapat piagam pendengar aktif Radio Australia
4. Tahun 2002 mendapat piagam partisipasi dari Voice Of Vietnam
5. Tahun 2009 menjadi Monitor Resmi Radio Taiwan Internasional
Dalam keorganisasian radio dan klub pendengar saya pernah menghadiri pertemuan pendengar :
1. Tahun 2008 menghadiri Temu Pendengar di Solo yang dihadiri stasiun radio dari Radio Australia dan Radio Nederland
2. Tahun 2009 menghadiri Temu Pendengar di Jakarta yang diadakan oleh Radio Taiwan International.



II. Logo Borneo Listeners Club

Guna memudahkan pendengar dalam mengingat Borneo Listeners Club maka kami, pengurus menerbitkan Logo Klub seperti yang tertera di halaman depan bulletin ini dengan tiga pilar penting menurut pandangan kami yaitu :

1. Tugu Khatulistiwa, melambangkan kebesaran Kalimantan Barat yang berada di titik nol ( 0 ) derajat garis tropis yang bermaksud menyampaikan bahwa klub kami ini berada.
2. Garis melingkar, diwarnai separuh merah dan putih melambangkan nasionalisme dimana klub ini merupakan asset klub pendengar Indonesia, milik kita semua.
3. Antenna, diwarnai dengan biru, melambangkan bahwa di dalam klub ini tergabung pendengar radio sejati
Borneo Listeners Club diwarnai dengan tulisan warna merah, melambangkan sebuah keberanian melangkah dengan penuh keterbatasan, memiliki keinginan kuat untuk maju bersama klub-klub pendengar lainnya dan akhirnya klub ini diharapkan mampu mengakomodir keinginan anggotanya untuk member warna baru dan pencerahan klub ini.
III. Anggota Klub

Anggota klub dibuka bagi seluruh pendengar radio baik radio dalam dan luar negeri dengan persyaratan sebagai berikut

1. pasphoto 3x4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu anggota dan arsip klub),
2. biodata meliputi nama, tempat tanggal lahir, dan alamat saat ini,
3. pesawat radio yang digunakan dan stasiun favorit
4. biaya administrasi pendaftaran dan bulletin selama 1 tahun sebesar Rp. 40.000,- (Empat puluh ribu rupiah) yang dikirim ke alamat redaksi atau transfer ke nomor rekening pengurus :

- Bank Mandiri Cabang Sambas ke nomor : 146000440402892 atas nama Rudi Hartono
- Bank BNI Cabang Pemangkat ke nomor : 0171885838 atas nama Asnita \

Atau dapat menggunakan prangko mint

Bielsi berkeyakinan bahwa klub pendengar ini akan memberikan konstribusi anggota kepada penyiar radio, baik berupa saran, kritik maupun laporan penerimaan siaran yang disalurkan melalui klub sehingga diciptakan sebuah harmoni kebersamaan, persahabatan dan komunikatif.

IV. Buletin Klub

Seperti yang dihadirkan ke hadapan anda, bahwa bulletin Bielsi bernama MEDIATOR, dengan harapan bulletin ini sebagai mediator pendengar yang digunakan sebagai sarana silaturahmi antar pendengar, mengakomodir kepentingan pendengar dalam menyerap aspirasi dan informasi serta ajang memperkenalkan kepada pendengar yang baru terjun ke dunia radio. Sebagai langkah awal bulletin ini diterbitkan 2 (dua) bulan sekali dengan iuran Rp. 36.000,-/tahun ( 6 edisi ), berisi sebanyak 20 halaman dengan isi bulletin sebagai berikut :
- Ruang Redaksi ; kata pengantar dari team redaksi dalam mengawali bulletin yang diterbitkan
- Ruang Anggota ; media sesama anggota untuk saling sapa baik melalui surat, SMS maupun email,
info anggota baru dan iuran yang telah diterima redaksi serta ucapan ultah.
- Ruang Penyiar ; menilik profil penyiar radio dalam dan luar negeri.
- Ruang Info Radio ; menilik profil radio dalam dan luar negeri
- Ruang DX ; laporan penerimaan siaran di berbagai daerah yang didistribusikan oleh anggota atau \ non anggota
- Ruang Sayembara ; memuat sayembara radio
- Ruang Pustaka ; memuat surat-surat baik dari radio maupun sesama klub pendengar
- Ruang Ekspresi ; memuat berita ringan seputar hobi, kejadian di sekeliling kita dan info lainnya.
- Ruang Lainnya sesuai dengan kebutuhan bulletin dan anggota klub.


V. Website Klub
Guna memenuhi kebutuhan pendengar yang setia di dunia maya, pengurus mencoba membuat website klub yang nantinya akan memuat sejarah dan profil klub, photo dan biodata anggota, kegiatan klub dan informasi hangat lainnya yang di update secara priodik. Alamat website adalah http://bielsiklub.blogspot.com Bagi pengunjung yang ikut nimbrung ke blog / website klub dapat mengakses dengan langkah sebagai berikut :
- Membuka website : http://bielsiklub.blogspot.com
- Masuk ke perintah : already a member ?
- Klik menu : sign in
- Klik menu : setuju, kemudian akan muncul “BorneO Listener’s Club”
- Setelah itu : isi nama dan upload photo anda jika ada
- Klik : ikuti blog ini
- Jika pendaftaran berhasil akan muncul kalimat “SELAMAT”
Dalam website Bielsi juga terdapat alamat website stasiun dari berbagai radio luar negeri dan klub pendengar yang telah memiliki blog sehingga memudahkan anda dalam browsing yakni tinggal KLIK dan menemukan halaman utama website stasiun radio yang anda inginkan.
Selamat mengunjungi website “BorneO Listeners Club”
VI. Kegiatan Klub
Secara periodic klub akan melakukan kegiatan baik kumpul bareng sesama pendengar maupun mengadakan kuis berhadiah bagi anggotanya, yaitu :
1. Mengadakan temu pendengar secara periodic sesuai kesepakatan anggota.
2. Mengadakan tour berkaitan dengan Kegiatan DXer sesuai waktu dan tempat yang disepakati anggota
3. Mengadakan kuis di bulletin dengan hadiah berupa souvenir dari radio luar negeri yang tersedia di meja redaksi.
4. Menjalin kerjasama dengan radio luar negeri dalam memberi informasi seputar dunia radio dan membagikan bahan-bahan referensi yang diterima dari berbagai stasiun radio kepada pendengar radio
5. Menjalin kerjasama dengan stasiun radio local ( FM ) sebagai bentuk pengenalan radio luar negeri kepada pendengar radio local.
6. Menjalin kerjasama dengan klub pendengar di seluruh Indonesia
7. Menghadiri pertemuan dengan penyiar radio luar negeri maupun klub pendengar lainnya


VII. Penutup

Demikian sekilas info tentang BorneO Listeners Club yang disampaikan ke khalayak pendengar, anggota, simpatisan, dan penyiar radio dengan harapan sebagai informasi klub pendengar yang komprehensif. Selain itu juga kami menyadari keterbatasan dalam berkarya namun memberanikan diri dalam melangkah serta saran dan kritik sangat kami harapkan guna kemajuan klub secara berkesinambungan. Terima kasih atas meluangkan waktu menyimak paparan klub yang baru kami bentuk ini. Semoga kami memberikan warna baru bagi pendengar. Sampai jumpa dan bravo sang listener !!

Wassalam,
Rudy Hartono ( Ketua Borneo Listeners Club )

0 komentar:

Tentang Blog Ini

Salah satu dari dua blog MAPEM Club (Klub Pendengar Radio dan Sahabat Online Indonesia)
http://mapem-atensi.blogspot.com
http://mapem-club.org

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP